VISIT MY BLOG

Wicensius

Sabtu, 27 Desember 2008

Dari mana sih asalnya setiap bilangan berpangkat nol hasilnya selalu satu?

Mau tau jawabannya? Klik "read more" yaw.



Hai pembaca yang budiman, kembali lagi bersama saya, Sudung, dalam WPHS IN BLOG. Kali ini kita akan membahas topik yang tidak kalah menarik (menurut saya sih, kaga tau dah menurut anda kayak gimana hehehe), yaitu asal usul terjadinya pernyataan seperti ini:

SETIAP BILANGAN YANG DIPANGKATKAN DENGAN BILANGAN 0 (baca: nol) MEMILIKI HASIL SAMA DENGAN 1 (baca: satu).

Gimane caranya tuh? Naaah ga sia-sia saya sekolah di SMP NEGERI 49 JAKARTA TIMUR, dimana ketika saya kelas 9, saya diajar (tepatnya pelajaran matematika) oleh pemilik blog http://bocoran.blogspot.com (buka yaa) bernama BAPAK PURWANTO (waduuh makasih banyak paak buat ilmu yang satu ini hehe)

Jadi begini, ketika beliau menerangkan pelajaran POLA dan DERET ( ya pelajaran inilah yang menginspirasi saya untuk membuat pola perkalian angka 9. mau tau lengkapnya? baca postingan "Pola perkalian 9, kebetulan ataau..... sistematis?ATAU KEAJAIBAN").

P: Pak Purwanto M: Murid2

P: Naah ada yang kurang jelas dengan pola dan deret?
M: (diam, kayak biasa hehehe. UNO (IX-1) gitu lho haha)
P: Ngomong-ngomong, kalian tau gak darimana asal usul bilangan yang dipangkatkan dengan nol bisa sama dengan satu?
M: enggak pak
P: gini nih caranya, misalnya kita ambil angka 2

Jadi kurang lebih beginilah yang beliau tulis di papan tulis kelas IX-1 SMPN 49 JAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Oke, perhatikan polanya (ya, dikali 2). Pas kan? gitu tuh asal usulnya. Cobalah dengan angka yang lain, misalnya 5, 6, dan seterusnya. Ok, thanks perhatiannya hehe.

Tidak ada komentar: